Friday, October 14, 2016

Monyet Dan Dendam


MONYET & DENDAM
Di Afrika,ada sebuah tekhnik unik untuk berburu monyet di hutan Afrika.Si pemburu menangkap monyet dalam keadaan hidup hidup tanpa harus menggunakan senapan dan obat bius,dan tanpa mencederai.
Cara menangkapnya sederhana saja,pemburu hanya menggunakan toples berleher panjang dan sempit,Toples itu diisi kacang yang telah diberi aroma untuk mengundang monyet monyet datang.Setelah diisi kacang ,toples toples tersebut ditanam dalam tanah dengan menyisakan mulut toples dibiarkan tanpa tutup.
Para pemburu melakukannya di sore hari.Besoknya mereka tinggal meringkus monyet monyet yang tangannya terjebak di dalam botol tak bisa dikeluarkan.
Koq ,bisa ???
Monyet monyet itu itu tertarik pada aroma yang keluar dari setiap dalam toples.Monyet monyet itu lalu memasukkan tangannya untuk mengambil kacang yang ada di dalamnya.Tetapi karena menggengam kacang maka monyet monyet itu tak bisa menarik keluar tangannya.
Selama mempertahankan kacang kacang dalam genggamannya,selama itu pula mereka terjebak.
Toples itu terlalu berat untuk diangkat,karena berada didalam tanah .Jadi monyet monyet itu tidak akan dapat pergi ke mana mana.
Sebenarnya monyet itu BISA selamat jika mau MEMBUKA GENGGAMAN tangannya ,tapi mereka tak mau melepaskannya .
PELAJARANNYA
=============
Sebenarnya banyak manusia melakukan hal yang sama seperti monyet monyet itu.Mereka menggenggam erat setiap permasalahan yang dimiliki tanpa mau melepaskannya.
Mereka sering menyimpan dendam,benci dan iri,tak mudah memberi maaf,tak mudah mengampuni.
Mulut mungkin berkata ikhlas,tapi bara amarah masih ada di dalam dada. Sehingga tak pernah bisa melepasnya.Bahkan terkadang membawa "toples toples"itu kemanapun dan kapanpun mereka pergi.Mereka terus berusaha berjalan menapaki kehidupan ini dengan beban berat itu.

No comments: