Thursday, June 16, 2016

Kegiatan Gotong Royong Di Dusun 1, Desa Pulogodang





indahnya kerja sama dalam kegiatan Gotong Royong memperbaiki prasaran umum di Desa Pulogodang, tidaklah barang baru. Sejak dulu, puluhan tahun hampir tiap minggu penduduk dari Desa ini bergotong Royong memperbaiki, memperluas, bahkan membuka jalan baru. Semua kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Desa, yang sangat dihormati di desa ini.
Di bawah tahun 2000 an, jalan ke desa ini sangatlah parah, disamping belum di aspal, kondisi tanah yang mudah tergerus oleh air dikala musim hujan menjadi kendala menahun yang tidak pernah tuntas. Tanah liat yang sangat licin jika kena air, menjadi hal biasa dilalui oleh masyarakat desa ini menuju perkotaan. Hampir terisolasi itulah pemandangan nyata desa ini pada saat itu.
seiring pergantian rejim pemerintahan dari Orba ke Orde Reformasi, menumbuhkan geliat kehidupan desa Pulogodang. Tanah liat yang becek, licin, perlahan-lahan diperkeras dengan batu, dilanjutkan dengan pengaspalan. walau hanya aspal curah, tapi sudah sangat menolong perkembangan kehidupan dan ekonomi penduduk desa ini. dilanjut dengan masuknya aliran listrik, semakin menambah kemajuan kehidupan masyarakat desa Pulogodang.
Saat-saat sulit telah terlalui, dengan ditambah pemekaran Kabupaten Humbang Hasundutan beribukota Doloksanggul dari Kabupaten Tapanuli Utara beribukota Tarutung. Perbedaan jarak antara Desa Pulogodang dengan Ibukota Kabupaten Doloksanggul dengan jarak antara Desa Pulogodang dengan Ibukota Tarutung sangatlah jauh. Jika dulu transportasi menuju Tarutung memakan waktu hampir 6 jam, kini bisa ditempuh hanya dengan 1,5 jam saja, menjadikan peningkatan ekonomi masyarakat yang cukup signifikan.
Kini masa-masa sulit itu telah terlampaui, kehidupan masyarakat makin modern dibarengi kemakmuran yang semakin bertambah, tidak melunturkan sifat gotong royong penduduk sekitar menjadi pudar. Terlihat dari kegiatan Gotong Royong di dusun 1 Desa Pulogodang di awal Jinu 2016 ini masih berlangsung cukup meriah dan masih dinikmati oelh peserta Gotong Royong.
Semoga Desa Pulogodang semakin jaya,.

No comments: